cerita….cerita….cerita…..

Dulu sewaktu masih kerja d Bank Mandiri (Persero) Tbk aku punya sahabat namanya rizki tapi aku biasa panggil dia acong….duhhh…..kangennn deh sama acong….orangnya baik skali soalnya suka kasih tumpangan motornya klo kita pulang kerja hehehhe….dulu acong suka skali sharing cerita2 yang menarik sama aku….salah satunya ini…aku suka skali…..kata2nya menggugah skali….

HARI INI adalah waktuku

Aku akan memulainya dengan ucapan SYUKUR dan SENYUMAN, bukan kritik.

Akan kuhargai setiap detik, menit dan jam.... karena tak se detikpun dapat ditarik kembali.

HARI INI tidak akan KUSIA-SIAKAN, seperti waktu lalu yang TERBUANG PERCUMA.

HARI INI tidak akan ku isi dengan KECEMASAN tentang apa yang akan terjadi esok, akan kupakai waktuku untuk membuat sesesuatu yang kuidamkan terjadi.

HARI INI aku BELAJAR lagi untuk MENGUBAH DIRI SENDIRI

HARI INI akan kuisi dengan KARYA

Kutinggalkan angan-angan yang selalu mengatakan "aku akan melakukan sesuatu jika keadaan berubah" Jikalau keadaan tetap sama saja, dengan kemurahanNYA - aku tetap akan SUKSES dengan apa yang ada padaku.

HARI INI aku akan berhenti berkata "AKU TIDAK PUNYA WAKTU" karena aku

tahu, aku tidak pernah mempunyai waktu untuk apapun.

Jika aku ingin MEMILIKI WAKTU, aku harus MELUANGKANNYA.

HARI INI akan kulalui seolah HARI AKHIRKU, akan kulakukan yang terbaik dan tidak akan menundanya sampai esok...karena esok belum tentu ada.

Tuhan memberkahi kamu HARI INI. Pergunakanlah waktu yang ada untuk memuliakan DIA.

my love

ini foto2 waktu daniel baru lahir…kesayanganku ini lahir d boetenzorgh 1 february 2008 jam 17.17 wib pembukaannya dari 31 januari 2008 jam 07.00 wib…melahirkan secara normal tapi di bantu dengan 2 botol induksi yg sakittttt nya luar biasaaaa….daniel saat lahir terlilit tali plasenta 3 lilitan panjangnya 50cm ….tanggal lahir daniel juga sama dengan bapak angkatku d Bank Mandiri (Persero) Tbk yang baru saja meninggal dunia sabtu kmrn….hua…..hua….slamat jalan pak Richard Arthur Leander….

new member

my lovely son Ghaisan Idraki Zahin Islam lahir di boetenzorgh 29 june 2011…secara caesar….dengan bobot 4,160 kg panjang 51cm…pembukaan mulai dari jam 5sore tgl 28 june 2011….niat mommy mau melahirkan secara normal ghaisan sayang…tapi…mommy sdh ga kuat habis ga ada kemajuan setelah 2 jam menahan sakit pembukaan tetep aza d pembukaan 8…akhirnya caesar juga deh…ade dililit tali plasenta juga 1 lilitan…lahir pada pukul 13.13 wib…..love u so much my son muachhhhhhh (foto ini d ambil tanggal 4 october 2011 )  

hobby apa iseng ya?

dapat baju…warnanya coklat…tapi kok modelnya gini yah…sepertinya klo di permak bagus nih…tangan ini gatal sekali klo ga kutak katik nih baju…cocoknya d beri sentuhan apa y?…

aha….gimana klo kita kasih sulam benang aza…coba bongkar2 peralatan jahitku ah…yippi…dapat ide juga nih buat baju ini and ini dia hasil sulaman benangku….😛

baru pede deh…klo di beri sentuhan seperti ini…untuk pinggangnya supaya tambah manis beri pita besar yg belakangnya bisa d simpulkan menjadi pita yg menjuntai…ok deh..siap beraksi klo gini sih heheheheh😀

waspadalah akan nikmat dunia

alhamdulillah, kalimat yang paling pantas dan wajib kita ucapkan ketika sebuah kenikmatan menghampiri hidup kita. Tapi tunggu sebentar sahabat, kita perlu bertanya pada diri kita ada gerangan apa hingga nikmat itu datang kepada kita? apakah selama ini kita telah menjadi orang yg sholeh yg taat & patuh pada Allah? Waspadalah…

dan apabila kita selalu mendapatkan kenikmatan dunia ( hidup enak, harta melimpah, kesehatan ), sedang kita adalah orang yg gemar berbuat dzolim & ingkar kepada Allah, waspadalah… karena kenikmatan yang sedang kita terima didunia ini ada nikmat yang sebenarnya dijanjikan oleh Allah di akhirat kelak. Bagi orang-orang kafir & dzolim tidak ada lagi kenikmatan di akhirat, karena Allah telah menukarnya selama mereka hidup didunia. sehingga hanya nerakalah yang tersisa bagi mereka. Waspadalah…

semoga Allah azza wa jalla selalu memberikan hidayahnya kepada kita agar senantiasa istiqomah dijalan yg benar.

 

-malingwirota-

Jahannam, 300 KM

Oleh Abu Khalid al-Jadawy

Aku mengenal seorang pemuda yang dulu termasuk orang-orang yang lalai dari mengingat Allah. Dulu dia bersama dengan teman-teman yang buruk sepanjang masa mudanya. Pemuda itu meriwayatkan kisahnya sendiri: “Demi Allah, yang tidak ada sesembahan yang haq selain Dia, aku dulu keluar dari kota Riyadh bersama dengan teman-temanku, dan tidak ada satu niat dalam diriku untuk melakukan satu ketaatanpun untuk Allah, apakah untuk shalat atau yang lain.” “Alkisah, kami sekelompok pemuda pergi menuju kota Dammam, ketika kami melewati papan penunjuk jalan, maka teman-teman membacanya “Dammam, 300 KM”, maka aku katakan kepada mereka aku melihat papan itu bertuliskan “Jahannam, 300 KM”. Merekapun duduk dan menertawakan ucapanku. Aku bersumpah kepada mereka atas hal itu, akan tetapi mereka tidak percaya. Maka merekapun membiarkan dan mendustakanku.

Berlalulah waktu tersebut dalam canda tawa, sementara aku menjadi bingung dengan papan yang telah kubaca tadi. Selang beberapa waktu, kami mendapatkan papan penunjuk jalan lain, mereka berkata “Dammam, 200 KM”, kukatakan “Jahannam, 200 KM”. Merekapun menertawakan aku, dan menyebutku gila. Kukatakan: “Demi Allah, yang tidak ada sesembahan yang haq selain Dia, sesungguhnya aku melihatnya bertuliskan “Jahannam, 200 KM”.” Merekapun menertawakanku seperti kali pertama. Dan mereka berkata: “Diamlah, kamu membuat kami takut.” Akupun diam, dalam keadaan susah, yang diliputi rasa keheranan aku memikirkan perkara aneh ini.

Keadaanku terus menerus bersama dengan pikiran dan keheranan, sementara keadaan mereka bersama dengan gelak tawa, dan candanya, hingga kemudian kami bertemu dengan papan penujuk jalan yang ketiga. Mereka berkata: “Tinggal sedikit lagi “Dammam, 100 KM”.” Kukatakan: “Demi Allah yang Maha Agung, aku melihatnya “Jahannam, 100 KM”.” Mereka berkata: “Tinggalkanlah kedustaan, engkau telah menyakiti kami sejak awal perjalanan kita.” Kukatakan: “Turunkan aku, aku ingin kembali.” Mereka berkata: “Apakah engkau sudah gila?” Kukatakan: “Turunkan aku, demi Allah, aku tidak akan menyelesaikan perjalanan ini bersama kalian.” Maka merekapun menurunkanku, akupun pergi ke arah lain dari jalan tersebut. Akupun tinggal di jalan itu beberapa saat, dengan memberikan isyarat kepada mobil-mobil untuk berhenti, tetapi tidak ada seorangpun yang berhenti untukku.

Selang beberapa saat, berhentilah untukku seorang sopir yang sudah tua, akupun mengendarai mobil bersamanya. Saat itu dia dalam keadaan diam lagi sedih, dan tidak berkata-kata walaupun satu kalimat. Maka kukatakan kepadanya: “Baiklah, ada apa dengan anda, kenapa anda tidak berkata-kata?” Maka dia menjawab: “Sesungguhnya aku sangat terkesima dengan sebuah kecelakaan yang telah kulihat beberapa saat yang lalu, demi Allah aku belum pernah melihat yang lebih buruk darinya selama kehidupanku.” Kukatakan kepadanya: “Apakah mereka itu satu keluarga atau selainnya?” Dia menjawab: “Mereka adalah sekumpulan anak-anak muda, tidak ada seorangpun dari mereka yang selamat.” Maka dia memberitahukan kepadaku ciri-ciri mobilnya, maka akupun mengenalnya, bahwa mereka adalah teman-temanku tadi. Maka akupun meminta kepadanya untuk bersumpah atas apa yang telah dia katakan, maka diapun bersumpah dengan nama Allah. Maka akupun mengetahui bahwa Allah I telah mencabut roh teman-temanku setelah aku turun dari mobil mereka tadi. Dan Dia telah menjadikanku sebagai pelajaran bagi diriku dan yang lain. Akupun memuji Allah yang telah menyelamatkanku di antara mereka.” Syaikh Abu Khalid al-Jadawi berkata: “Sesungguhnya pemilik kisah ini menjadi seorang laki-laki yang baik. Padanya terdapat tanda-tanda kebaikan, setelah dia kehilangan teman-temannya dengan kisah ini, yang setelahnya dia bertaubat dengan taubat nashuha.” Maka kukatakan: “Wahai saudaraku, apakah engkau akan menunggu kehilangan empat atau lima teman-temanmu sampai kepada perjalanan seperti perjalanan ini? Agar engkau bisa mengambil pelajaran darinya? Dan tahukah kamu, bahwa kadang bukan engkau yang bertaubat karena sebab kematian teman-temanmu, melainkan engkaulah yang menjadi sebab pertaubatan teman-temanmu karena kematianmu di atas maksiat dan kerusakan.” Na’udzu billah. Ya Allah, jangan jadikan kami sebagai pelajaran bagi manusia, tetapi jadikanlah kami sebagai orang yang mengambil pelajaran dari apa yang terjadi pada mereka, dan dari apa saja yang terjadi di sekitar kami. Allahumma Amin.” (AR)*

belajar dari yang kecil

Tak selamanya kecil itu selalu kalah dibandingkan yang besar. sesuatu yang kecil kadang bisa membuat sebuah perbedaan yang signifikan. kecil selalu identik dengan lemah (sebuah pemikiran yang harus diubah). dan hari ini aku belajar dari sesuatu yang kecil dan sederhana.

Bang Romlih (Bang Olih) namanya, memang bukan seorang dosen atau profesor, juga bukan mentri. Tapi dari bang romli aku mendapatkan sebuah ilmu yang tak pernah aku dapatkan disekolah, “kerendahan hati”. kalian pasti uda paham dan tau apa itu kerendahan hati, low profile begitu kira-kira bahasa halusnya. kenapa aku bisa bilang beliau low profile? dulu waktu pertama kali aku carter angkot (sewa angkot) aku kira Bg. Olih cuman sopir yg bawa angkot, setelah dikasih tau istriku ternyata itu angkotnya sendiri bo… dan tadi siang pas kebetulan aku mau sewa lagi ternyata dulunya dia pernah punya mobil colt tepak tapi udah dijual dan diganti angkot. Hmmm… bukan orang biasa. dia ga pernah pamer juga kalo angkot itu hasil dia nabung, cckckkcckk…. (semoga aku bisa belajar darinya, ga usah pamer dan banyak omong, ga usah gengsi, kalo mau usaha dikerjakan aja dengan tekun dan sungguh-sungguh, yang penting halal).

satu lagi ilmunya “tali-temali”. Orang seperti Bang Olih ternyata punya pengetahuan tentang tali-temali (simpul) yang sangat menarik. mudah cara mengikatnya dan mudah juga cara membukanya, hebatnya lagi, kuat abisssss….. cuman sayangnya aku ga sempat memotretnya dan mempelajarinya. Hanya bertanya dan belajar sebentar, setelah itu lupa deh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang memiliki kekuasaan Ilmu tak terbatas. Ilmu yang hari ini aku terima hanyalah setitik kecil dari kuasaNya. Dia memberi kita akal agar kita belajar, “belajar mensyukuri nikmatnya”.

Badai Matahari Ternyata ada.. :(

Lapan : Badai Matahari terjadi antara 2012-2015
detikcom, jumat 5 maret 2010.

Film fiksi ilmiah ‘2012’ yang menceritakan tentang terjadinya badai matahari (flare) bukan isapan jempol belaka. Flare diperkirakan akan terjadi antara tahun 2012-2015. Namun, tak serta merta hal itu melenyapkan peradaban dunia.

“Lapan memperkirakan puncak aktivitas matahari akan terjadi antara 2012 hingga 2015. Pada puncak siklusnya, aktivitas matahari akan tinggi dan terjadi badai matahari,” ujar Kabag Humas Lapan Elly Kuntjahyowati dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (4/3/2010).
Flare tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu aktivitas matahari selain medan magnet, bintik matahari, lontaran massa korona, angin surya dan partikel energetik. Ledakan-ledakan matahari itu, bisa sampai ke bumi. Namun, flare yang diperkirakan akan terjadi itu tak akan langsung membuat dunia hancur.
“Masyarakat banyak yang menghubungkan antara badai matahari dengan isu kiamat 2012 dari ramalan Suku Maya. Ternyata dari hasil pengamatan Lapan, badai matahari tidak akan langsung menghancurkan peradaban dunia,” imbuhnya.
Efek badai tersebut, lanjut dia, yang paling utama berdampak pada teknologi tinggi seperti satelit dan komunikasi radio. Satelit dapat kehilangan kendali dan komunikasi radio akan terputus.
“Efek lainnya, aktivitas matahari berkontribusi pada perubahan iklim. Ketika aktivitas matahari meningkat maka matahari akan memanas. Akibatnya suhu bumi meningkat dan iklim akan berubah,” jelas Elly.
Partikel-partikel matahari yang menembus lapisan atmosfer bumi akan mempengaruhi cuaca dan iklim. Dampak ekstremnya, bisa menyebabkan kemarau panjang. Namun hal ini masih dikaji oleh para peneliti.
Lapan pun berniat mensosialisasikan dampak aktivitas matahari ini ke masyarakat. Sosialisasi Fenomena Cuaca Antariksa 2012-2015 pun akan digelar di Gedung Pasca Sarjana lantai 3, Universitas Udayana, Jl Jenderal Sudirman, Denpasar, Bali pada 9 Maret 2010 pukul 11.00 Wita.

Film fiksi ilmiah ‘2012’ yang menceritakan tentang terjadinya badai matahari (flare) bukan isapan jempol belaka. Flare diperkirakan akan terjadi antara tahun 2012-2015. Namun, tak serta merta hal itu melenyapkan peradaban dunia.
“Lapan memperkirakan puncak aktivitas matahari akan terjadi antara 2012 hingga 2015. Pada puncak siklusnya, aktivitas matahari akan tinggi dan terjadi badai matahari,” ujar Kabag Humas Lapan Elly Kuntjahyowati dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (4/3/2010).

Flare tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu aktivitas matahari selain medan magnet, bintik matahari, lontaran massa korona, angin surya dan partikel energetik. Ledakan-ledakan matahari itu, bisa sampai ke bumi. Namun, flare yang diperkirakan akan terjadi itu tak akan langsung membuat dunia hancur.
“Masyarakat banyak yang menghubungkan antara badai matahari dengan isu kiamat 2012 dari ramalan Suku Maya. Ternyata dari hasil pengamatan Lapan, badai matahari tidak akan langsung menghancurkan peradaban dunia,” imbuhnya.
Efek badai tersebut, lanjut dia, yang paling utama berdampak pada teknologi tinggi seperti satelit dan komunikasi radio. Satelit dapat kehilangan kendali dan komunikasi radio akan terputus.

“Efek lainnya, aktivitas matahari berkontribusi pada perubahan iklim. Ketika aktivitas matahari meningkat maka matahari akan memanas. Akibatnya suhu bumi meningkat dan iklim akan berubah,” jelas Elly.

Partikel-partikel matahari yang menembus lapisan atmosfer bumi akan mempengaruhi cuaca dan iklim. Dampak ekstremnya, bisa menyebabkan kemarau panjang. Namun hal ini masih dikaji oleh para peneliti.
Lapan pun berniat mensosialisasikan dampak aktivitas matahari ini ke masyarakat. Sosialisasi Fenomena Cuaca Antariksa 2012-2015 pun akan digelar di Gedung Pasca Sarjana lantai 3, Universitas Udayana, Jl Jenderal Sudirman, Denpasar, Bali pada 9 Maret 2010 pukul 11.00 Wita.

My name is khan

cape…pengen rebahan rasanya,pulang dari nonton film “My name is khan” sama istri & babyku (01:20 am). Film yang beberapa hari ini bikin aku selalu kehabisan tiket. ternyata kurang begitu bagus, tapi ada satu poin yang menjadi nilai plus “dari tragedi WTC ternyata bukan cuman orang non muslim aja yang dirugikan,tetapi warga muslim juga menjadi korban diskriminasi di masyarakat”.

Shahruk Khan aktor yang memerankan tokoh khan, tokoh dengan karakteristik pria yang memiliki kelainan psikologis tapi memiliki kecerdasan yang luar biasa. kalo boleh aku nilai.. 7 mungkin cukuplah. Kajol as Mandira, janda dengan satu anak. bercerai dari suaminya dan memiliki usaha salon sendiri. nilainya 6 aja…karenan karakter yang diperankan terbilang gampang, ga neko-neko. yang paling bagus nilainya adalah yang tukang promosi film. sampe bisa bikin orang-orang penasaran & pengen nonton. istriku yang sejatinya tidak suka india ternyata malah dia yang ngajakin nonton.

kalo dibandingin sama “confucius” nya Chow Yun Fat masih kalah berbobot dari segi cerita. cuman sayangnya aku ga bisa nonton filmnya sampe habis…daniel ngajakin pulang…hik..
baiklah..karna sudah menjelang pagi dan mata sudah sepet banget, saya tutup dulu ulasanya… bersambung di cerita film berikutnya.

Haji & Umrah

Ibadah umrah merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat muslim sedunia. Umrah berasal dari kata ‘amara yang artinya mendiami seutu tempat atau mengunjungi suatu suatu tempat. Menurut syariat Islam, umrah berarti mengunjungi Bait Allah untuk menjalankan Ibadah pada waktu yang ditentukan.
A. Perbedaan Umrah dan Haji

Ibadah haji dilakukan pada waktu yang sudah ditentukan, yakni bulan Syawwal, Zulkqaidah, dan sepuluh hari bulan Zulhijjah, sedangkan Umrah dapat dilaksanakan kapan saja.

Ibadah umrah tidak perlu melakukan wukuf di Arafah, sedangkan Pada ibadah haji, wukuf di Arafah merupakan hal yang wajib dilaksanakan.

Dalam ibadah haji, menyembelih binatang kurban adalah hal yang dilarang, sedangkan pada ibadah umrah hal tersebut dibolehkan.

B. Hukum Menjalankan Ibadah Umrah

Haji dan Umrah hukumnya wajib dilaksanakan bagi setiap Muslim yang mampu, hal itu sebagaimana firman Allah:

Allah telah mewajibkan ibadah haji ke Bait Allah atas orang-orang yang telah mampu dalam perjalanannya. (QS. Al-Imran: 97)
Ibadah Umrah Meliputi:

1. Ihram

Amalan Umrah yang pertama adalah Ihram. Ihram adalah niat memasuki manasik (upacara ibadah haji) haji dan umrah atau mengerjakan keduanya dengan menggunakan pakaian ihram, serta meninggalkan beberapa larangan yang biasanya dihalalkan.

2. Pakaian Ihram

Untuk pria

Bagi laki-laki terdiri atas 2 lembar kain yang tidak dijahit, yang satu lembar disarungkan untuk menutupi aurat antara pusat hingga lutut, yang satu lembar lagi diselendangkan untuk menutupi tubuh bagian atas. Kedua lembar kain disunatkan berwarna putih, dan tidak boleh berwarna merah atau kuning.

Untuk wanita

Mengenakan pakaian yang biasa, yakni pakaian yang menutupi aurat.

Tempat-tempat Ihram

  1. Zul Hulaifah
  2. Juhfah
  3. Yalamlam
  4. Qarnul Manjil
  5. Zatu Irqin
  6. Makkah

3. Tawaf

Tawaf berasal dari kata tafa, artinya mengelilingi atau mengitari. Adapun menurut istilah ialah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 keliling.     Sebelum melaksanakan tawaf, jamah harus mandi dan berwudhu dahulu.

Macam-macam Tawaf

  • Tawaf qudum, yaitu tawaf yang dilakukan ketika sampai di Makkah.
  • Tawaf ifadah, tawaf yang dilakukan pada hari menyembelih kurban.
  • Tawaf wada, inilah tawaf yang menjadi rukun haji.
  • Tawaf sunnah, tawaf yang dilakukan setiap saat.

4. Sa’i

Sa’i artinnya berlari-lari kecil. Menurut istilah, sa’I ialah berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah di dekat kota Makkah.

Adapun praktik pelaksanaan ibdah sa’I adalah sebagi berikut:

  • Dilakukan sesudah tawaf
  • Berlari-lari kecil atau berjalan cepat dari bukit Safa menuju bukit Marwah
  • Dikerjakan sebanyak tujuh kali putaran: dari Safa ke Marwah satu putaran, dan dari Marwah ke Safa satu putaran, lalu berakhir di puncak bukit Marwah.
  • Sa’I hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mengerjakan haji atau umrah saja.

5. Tahallul

Setelah melontar Jumrah ‘Aqabah, jamaah kemudian bertahallul (keluar dari keadaan ihram), yakni dengan cara mencukur atau memotong rambut kepala paling sedikit tiga helai rambut. Laki-lai disunnahkan mencukur habis rambutnya, wanita mencukur ujung rambut sepanjang jari, dan untuk orang-orang yang berkepala botak dapat bertahallul secara simbolis saja.

Setelah melaksanakan tahallul, perkara yang sebelumnya dilarang sekarang dihalalkan kembali, kecuali menggauli istri sebelum melakukan tawaf ifadah